Flash adalah suatu sotware yang digunakan untuk membuat sebuah animasi. Dengan flash kita dapat membuat
tampilan website atau komputer kita menjadi hidup. Tidak mudah untuk mempelajari flash, selain diperlukan
imajinasi juga diperlukan pemahaman mengenai SCRIPT. Bisa saja kita membuat sebuah animasi tanpa menggunakan
script tapi file yang dihasilkan menjadi besar, hal itu mempengaruhi loading atau pemuatan data di workstation
atau client.
Selain flash kita juga bisa membuat sebuah animasi dengan Compuserver file, biasanya file ini berakhiran GIF,
Untuk pengguna windows, microsoft menggunakan mesin animasi tersendri yang disebut Active X. Selain itu ada
juga bahasa pemrogaman yang khusus untuk membuat sebuah animasi misalnya JAVA APPLET. bahkan jika anda mahir
dalam sebuah pemrogaman seperti C, Pascal, Visual basic dan masih banyak lainnya, dapat membuat sebuah animasi.
Pada tutorial kali ini SSC menginginkan Anda sebagai pengguna Situs ini, agar mengetahui teknik membuat flash
animation dengan cara yang sederhana dan mudah. Untuk itu saya membuat tutorial ini untuk Anda.
Ok mari kita mulai tutorial ini, tapi sebelumnya Anda harus menyiapkan bahan-bahan untuk tutorial ini.
Apa saja bahan-bahan nya, simak yang baik jangan sampai terlewatkan satu bahanpun.
|
|
Bagaimana., sudah siap bahannya.? Kalau belum tunda aja tutorial ini untuk besok, kalau sudah mari kita
lanjutkan. Oo ada yang tanya, kenapa pakai sothink swf quicker, kenapa nggak pakai macromedia flash mx atau
program-program yang disebutkan diatas seperti bahasa C atau visual basic gitu ?. Wew.., Tutorial untuk
program itu belum diizinkan oleh SPC untuk dipublikasikan jadi yah nrimo aja deh, kan baru belajar nanti
kalau sudah mahir mungkin SPC akan menurunkan tutorial mengenai program-program tersebut.
Setelah anda download program dari sothink, sekarang Anda membutuhkan program untuk mengekstrak file hasil
download tersebut dengan WINZIP atau WINRAR, tempatkan hasil exstrak file tersebut pada sebuah direktory
lain setelah itu instalasi program sothink pada komputer Anda, caranya gampang tinggal klik dua kali file
SETUP.EXE hasil download dan klik YES aja terus kalau nggak mau pusing pada proses instalasi.
Tapi perlu Anda perhatikan dan camkan baik-baik bahwa software tersebut cuma gratis
untuk ujicoba saja selama 30 hari, setelah 30 hari pakai software itu tidak bisa dipakai lagi, kalau Anda
menginginkan dipakai terus Anda harus membeli licence software nya.
Sudah di install.., Ok sekarang anda klik dua kali icon sothink swf quicker yang ada didesktop setelah itu
akan ditampilkan licence software dan peringatan masa uji coba software tersebut klik aja tombol CONTINUE
bila masa uji coba software yang Anda Install masih Aktif (30 hari). Setelah masuk ke program maka akan
ditampilkan pilihan untuk membuat animasi dari template antara lain : Blank Document, Album, Banner, Navigation
button dan Presentasi. Dengan menggunakan template Anda tidak perlu pusing-pusing untuk membuat animasi yang
ada, tapi bila Anda orang yang kreatif dan menginginkan animasi tersebut adalah hasil buatan Anda sendiri maka
Anda pilih saja Blank Document.
Setelah Anda pilih Blank Document pada menu template maka akan ditampilkan program utamanya seperti gambar
dibawah ini.
Tampilan Program Sothink swf quicker |
P R O Y E K P E R T A M A |
Saya tidak akan menerangkan mengenai fungsi tombol-tombol yang ada pada program tersebut satu persatu
( terlalu lama dan tidak mendidik kreativitas ) , karena nanti juga Anda akan terbiasa dengan tombol-tombol
tersebut disamping itu, nanti akan disinggung juga pada latihan-latihan kita.
Mari kita mulai pada proyek pertama. Klik File -- Save -- ketik " latihan 1 " -- save. maka dibagian atas
program yang tadinya ada kata untitled jadi latihan 1. Setelah di save Anda klik tombol anak panah berwarna
biru lalu Anda klik tombol LINE ( gambar pincil disebelah kanan atas yang ada pada menu shape ) ganti nilainya
jadi 2 dengan warna hitam, lalu klik tombol FILL dibawahnya rubah jadi solid dengan warna Orange. Setelah itu
klik tombol lingkaran yang ada pada menu sebelah kiri. Tempatkan kursor bertanda + di KANVAS lalu drop kursor
itu terserah Anda, tapi jangan besar-besar sedang aja. maka akan terlihat sebuah lingkaran berwarna Orange
dengan garis pinggir (Out Line) berwarna hitam. Ini dapat Anda rubah sesuai selera Anda mau merah, putih,
hijau atau apapun itu tergantung selera Anda saja, kenapa saya suruh berwarna Orange yah karena saya suka warna
orange, kenapa nggak yang lain yah karena saya tidak suka warna yang lain itu saja.
Setelah membuat ligkaran, sekarang Anda coba coba sendiri fungsi dari RECTANGEL dan sebagainya. coba-coba saja
tidak akan terjadi apa-apa. kalau anda tidak suka dengan setingan pertama, Anda dapat menekan tombol back yang
berada pada bagian atas menu, maka setingan yang sebelumnya anda buat akan kembali lagi. Gampang kan.
Kita kembali lagi, nah lingkaran yang Anda buat tadi sekarang sudah disimpan pada Library. Bila pertama kali
Anda menjalankan program ini maka akan ada keterangan berwarna kuning yang menerangkan bahwa hasil kerja Anda
tadi telah masuk di library ( Panel sebelah kanan bawah ). Lingkaran itu sekarang bisa Anda Hapus dengan cara
mengklik lingkaran tersebut lalu menekan tombol DEL pada keyboard, bisa juga dengan klik kanan mouse dan pilih
DELETE. Anda tidak usah khawatir dengan hilangnya lingkaran yang dengan susah payah Anda buat tadi, karena
setelah disimpan pada library lingkaran tersebut dapat Anda panggil kembali caranya, klik shape yang ada pada
library maka dibagian atas library akan ditampilkan bentuk lingkaran yang Anda buat tadi. Sekarang Anda klik
dan tahan dengan tombol kiri mouse, lalu bawa lingkaran tadi ke CANVAS. Maka Lingkaran yang baru saja Anda
Buat lalu dihapus akan kembali lagi, ini penting untuk Anda ingat karena nantinya kita akan banyak memanfaatkan
fungsi library ini, agar dapat mudah Anda kenali jenis dari library yang dibuat, Anda dapat mengganti namanya
dengan cara mengklik kanan tombol mouse pada file yang ada dilibrary lalu pilih RENAME gantilah dengan nama
sesuai selera Anda, contoh : ganti namanya dengan lingkaran1.
Sampai disini saya rasa Anda sudah mengerti mengenai pembuatan bentuk lingkaran, kotak atau persegi lima dan
sebagainya, kalau belum Anda coba-coba sendiri saja, sengaja tidak saya beritahukan kepada Anda biar Anda jadi
kreatif dan tidak menelan mentah-mentah apa yang saya paparkan disini.
Langkah berikutnya yaitu bagaimana caranya membuat lingkaran yang baru saja Anda buat itu dapat bergerak seperti
contoh dibawah ini.
|
Contoh diatas dibuat dengan sothink swf quicker termasuk banner yang ada dibagian atas halaman ini juga dibuat
dengan software yang sama bahkan bila Anda ingin contoh yang lebih rumit Anda bisa klik tombol
presentasi yang ada pada Menu, bagaimana kreatif kan..!, saya tunjukan itu agar Anda bersemangat dalam mengikuti tutorial ini
dan tidak ragu-ragu lagi berlatih flash dengan software ini, sebab bila Anda sudah menguasai sothink swfquicker
maka Anda juga akan mudah mempelajari Software Flash apapun seperti Flash MX, Swish, dan Antechinus. OK !.
|
0 komentar:
Posting Komentar